Nah, kali ini aku bakalan ngebahas
mengenai topik pembahasan mata kuliah pendidikan psikologi aku beberapa bulan
yang lalu. Jadi Kira - kira kenapa y, Mempelajari perkembangan itu penting ?
Terutama mengenai perkembangan anak . Karena, semakin banyak kita maupun orang
tua mempelajari perkembangan anak, maka semakin banyak pula pemahaman kita
tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengajari mereka sejak dini hingga
dewasa termasuk masa kanak - kanak itu lah fase yang penting dalam kehidupan manusia.
Setiap anak sebagian berkembang
sebagaimana anak-anak lainnya, dan sebagian berkembang dengan cara yang berbeda
dengan anak lain. Kita sering memperhatikan keunikan disetiap anak itu berbeda
- beda. Tetapi, para psikolog yang mempelajari perkembangan sering kali lebih
tertarik pada karakteristik yang umumnya dimiliki anak - anak. Apa yang
dimaksud oleh para psikologi kegika mereka berbicara tentang "
perkembangan " seseorang ? Perkembangan adalah pola perubahan biologis,
kognitif, dan sosioemosional yang dimulai sejak lahir dan terus berlanjut
disepanjang hayat. kebanyakan perkembangan adalah pertumbuhan, meskipun pada
akhirnya ia mengalami penurunan ( kematian ).
Pendidikan itu juga harus sesuai
dengan perkembangan ini. Artinya, pengajaran untuk anak - anak harus dilakukan
pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu
mudah dan menjemukan.
Dalam mempelajari perkembangan,
ingatlah bahwa perubahan perkembangan yang saya jelaskan diatas dapat membantu
teman - teman untuk memahami seperti apakah level yang optimal untuk pengajaran
dan pembelajaran kita terhadap perkembangan anak. Misalnya adalah keliru, jika
kita mendesak anak - anak untuk membaca padahal mereka belum siap untuk itu
dari sudut pandang perkembangan. Tetapi jika mereka sudah siap, membaca materi
mata pelajaran harus diberikan pada level yang pas.
Naah...
Teman - teman, perlu juga kita tau
bahwa pola perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil
dari beberapa proses diantaranya yaitu proses biologis, kognitif, dan
sosioemosional. Perkembangan itu juga bisa dideskripsikan berdasarkan
periodenya.
Peroses biologis itu apa y ? Nah,
proses biologis itu adalah perubahan yang ada pada tubuh anak. Nah, disini
warisan genetik mendapatkan peran penting. Proses biologis disini melandasi
tentang pergerakan otak, berat dan tinggi badan, perubahan dalam kemampuan
bergerak, dan perubahan hormonal di masa puber. Selanjutnya kita masuk ke
proses kognitif. Nah apa itu ? Yaitu perubahan dalam pemikiran, kecerdasan, dan
bahasa anak. Peroses perkembangan kognitif memampukan anak untuk mengingat
puisi membayangkan bagaimana sianak tersebut dapat memecahkan soal matematika
atau soal - soal hitungan yang lainnya, menyusun strategi kreatif, atau
menghubungkan setiap kalimat menjadi pemhicaraan yang bermakna.
Nah kita masuk yang terakhir yaitu
proses sosioemosional adalah perubahan dalam hubungan sianak dengan orang lain,
perubahan dalam emosi, dan perubahan dalam kepribadian. Pengasuhan anak,
perkembangan ketegasan terhadap anak perempuan, dan perasaan gembira remaja
saar mendadatkan nilai yang baik. Nah, semua itu mencerminkan perkembangan
sosioemosional.
Banyak manfaat yang di dapatkanjika
kita mempelajar perkembangan dalam mendiskripsikan, memahami serta meramalkan
perilaku diri sendiri maupun orang lain, termasuk anak - anak. Misalnya orang
tua sebagai pemimpin keluarga. Sebagai orang tua, tentunya tidak lepas dari
proses pengawasan terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak-anaknya. Dengan
begitu, orang tua diharapkan mampu memahami ilmu perkembangan sehingga mereka
dapat mengetahui kemampuan dan tingkah laku anak sesuai dengan tingkat
usia/perkembangannya.
Orang tua sangat perlu memperhatikan
perkembangan kejiwaan anak sejakusia dini. Dengan begitu, setelah dewasa nanti,
anak tersebut akan menjadi sosok yang dewasa dan tangguh dalam menghadapi
setiap permasalahan sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat terhindar
seperti bunuh diri, stress, depresi, dll. Dan tidak ada lagi istilah Masa kecil
kurang bahagia karena adanya proses dan tugas perkembangan yang belum selesai
yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan orang tua dalam memahami tugas
perkembangan anak-anaknya.
Mempelajari dan memahami perkembangan
tidak hanya oleh kita atau orang tua tetapi juga oleh guru sebagai pendidik,
karena guru merupakan orang tua di sekolah.Dengan begitu, mereka dapat memahami
karakter, perilaku hingga kebiasaan anak didik. Terlebih lagi setiap anak didik
yang terkumpul dalam satu ruang lingkup belajar memiliki karakter dan latar
belakang yang berbeda-beda dan guru harus siap menghadapi perbedaan itu. Dengan
mempelajari perkembangan maka guru akan dapat memahami bagaimana menyikapi
perilaku atau karakter yang berbeda tersebut dan juga memungkinkan bagi guru
untuk memahami materi dan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.Selain
itu perlu adanya kerjasama dari anak itu sendiri, orang tua, guru dan
pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan anak dapat terarah dengan baik
dan tepat.
Nah, teman - teman, ini dulu y
penjelasan aku mengenai betapa pentingnya kita mempelajari perkembangan itu.
Selamat malam.. :)
0 komentar:
Posting Komentar