Selasa, 04 April 2017

MENGAPA MEMPELAJARI PERKEMBANGAN ITU PENTING ?



Nah, kali ini aku bakalan ngebahas mengenai topik pembahasan mata kuliah pendidikan psikologi aku beberapa bulan yang lalu. Jadi Kira - kira kenapa y, Mempelajari perkembangan itu penting ? Terutama mengenai perkembangan anak . Karena, semakin banyak kita maupun orang tua mempelajari perkembangan anak, maka semakin banyak pula pemahaman kita tentang bagaimana cara yang tepat untuk mengajari mereka sejak dini hingga dewasa termasuk masa kanak - kanak itu lah  fase yang penting dalam kehidupan manusia.
Setiap anak sebagian berkembang sebagaimana anak-anak lainnya, dan sebagian berkembang dengan cara yang berbeda dengan anak lain. Kita sering memperhatikan keunikan disetiap anak itu berbeda - beda. Tetapi, para psikolog yang mempelajari perkembangan sering kali lebih tertarik pada karakteristik yang umumnya dimiliki anak - anak. Apa yang dimaksud oleh para psikologi kegika mereka berbicara tentang " perkembangan " seseorang ? Perkembangan adalah pola perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional yang dimulai sejak lahir dan terus berlanjut disepanjang hayat. kebanyakan perkembangan adalah pertumbuhan, meskipun pada akhirnya ia mengalami penurunan ( kematian ).
Pendidikan itu juga harus sesuai dengan perkembangan ini. Artinya, pengajaran untuk anak - anak harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu mudah dan menjemukan.
Dalam mempelajari perkembangan, ingatlah bahwa perubahan perkembangan yang saya jelaskan diatas dapat membantu teman - teman untuk memahami seperti apakah level yang optimal untuk pengajaran dan pembelajaran kita terhadap perkembangan anak. Misalnya adalah keliru, jika kita mendesak anak - anak untuk membaca padahal mereka belum siap untuk itu dari sudut pandang perkembangan. Tetapi jika mereka sudah siap, membaca materi mata pelajaran harus diberikan pada level yang pas.

Naah...
Teman - teman, perlu juga kita tau bahwa pola perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil dari beberapa proses diantaranya yaitu proses biologis, kognitif, dan sosioemosional. Perkembangan itu juga bisa dideskripsikan berdasarkan periodenya.
Peroses biologis itu apa y ? Nah, proses biologis itu adalah perubahan yang ada pada tubuh anak. Nah, disini warisan genetik mendapatkan peran penting. Proses biologis disini melandasi tentang pergerakan otak, berat dan tinggi badan, perubahan dalam kemampuan bergerak, dan perubahan hormonal di masa puber. Selanjutnya kita masuk ke proses kognitif. Nah apa itu ? Yaitu perubahan dalam pemikiran, kecerdasan, dan bahasa anak. Peroses perkembangan kognitif memampukan anak untuk mengingat puisi membayangkan bagaimana sianak tersebut dapat memecahkan soal matematika atau soal - soal hitungan yang lainnya, menyusun strategi kreatif, atau menghubungkan setiap kalimat menjadi pemhicaraan yang bermakna.
Nah kita masuk yang terakhir yaitu proses sosioemosional adalah perubahan dalam hubungan sianak dengan orang lain, perubahan dalam emosi, dan perubahan dalam kepribadian. Pengasuhan anak, perkembangan ketegasan terhadap anak perempuan, dan perasaan gembira remaja saar mendadatkan nilai yang baik. Nah, semua itu mencerminkan perkembangan sosioemosional.
Banyak manfaat yang di dapatkanjika kita mempelajar perkembangan dalam mendiskripsikan, memahami serta meramalkan perilaku diri sendiri maupun orang lain, termasuk anak - anak. Misalnya orang tua sebagai pemimpin keluarga. Sebagai orang tua, tentunya tidak lepas dari proses pengawasan terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak-anaknya. Dengan begitu, orang tua diharapkan mampu memahami ilmu perkembangan sehingga mereka dapat mengetahui kemampuan dan tingkah laku anak sesuai dengan tingkat usia/perkembangannya.
Orang tua sangat perlu memperhatikan perkembangan kejiwaan anak sejakusia dini. Dengan begitu, setelah dewasa nanti, anak tersebut akan menjadi sosok yang dewasa dan tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan sehingga kejadian yang tidak diinginkan dapat terhindar seperti bunuh diri, stress, depresi, dll. Dan tidak ada lagi istilah Masa kecil kurang bahagia karena adanya proses dan tugas perkembangan yang belum selesai yang disebabkan oleh minimnya pengetahuan orang tua dalam memahami tugas perkembangan anak-anaknya.
Mempelajari dan memahami perkembangan tidak hanya oleh kita atau orang tua tetapi juga oleh guru sebagai pendidik, karena guru merupakan orang tua di sekolah.Dengan begitu, mereka dapat memahami karakter, perilaku hingga kebiasaan anak didik. Terlebih lagi setiap anak didik yang terkumpul dalam satu ruang lingkup belajar memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda dan guru harus siap menghadapi perbedaan itu. Dengan mempelajari perkembangan maka guru akan dapat memahami bagaimana menyikapi perilaku atau karakter yang berbeda tersebut dan juga memungkinkan bagi guru untuk memahami materi dan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.Selain itu perlu adanya kerjasama dari anak itu sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan anak dapat terarah dengan baik dan tepat.
Nah, teman - teman, ini dulu y penjelasan aku mengenai betapa pentingnya kita mempelajari perkembangan itu. Selamat malam.. :)



0 komentar:

Posting Komentar